Pengertian, Pengembangan, dan Potensi Bisnis Pada Game

Nama : Devi Andreny 
NPM :51419701
Matakuliah : Pengantar Teknologi Game



    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung begitu cepat. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan informasi saja, namun juga memenuhi kebutuhan hiburan. Perkembangan ini mendorong bangkitnya industri kreatif berbasis teknologi komunikasi dan informasi, salah satunya adalah game online.industri ini ternyata mampu memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi. Namun demikian industri ini masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan pengetahuan, modal, serta infrastruktur. Dampaknya adalah munculnya game online yang menjual pornografi dan kekerasan untuk mempercepat penjuaan. Untuk itu perlu kerjasama antara pengembang game online dengan pemerintah agar industri iniberjalan dengan sehat. Pengembang game online juga harus lebih memperhatikan kualitas game yang diproduksinya.

PERKEMBANGAN GAME

    Perkembangan game dimulai pada sejak tahun 1950 an di Universitas Manchester, disinilah tempat bermulanya video game yang menjadi hiburan sehari-hari.  Sebelumnya video game dibagi menjadi 3 Kategor, yaitu : Program pelatihan dan pengajaran, Program penelitian dan program demonstrasi untuk menghibur masyarakat.  

A. Zona Mainframe
    
    Diciptakan oleh Steve Russell, Martin Graetz, dan Wayne ditahun 1961 yang terinpirasi dari cerita fiksi karya EE Smith yang berisikan pertarungan antara 2 pesawat luar angkasa.  

B. Generasi Game Arcade ( 1972 - 1978 )

    Hingga pada tahun 1972, Nolan Bushnell dan Ted Dabney menyatukan misi untuk mendirikan ATARI sebuah kemitraan dibidang pembuatan game, ciptaan yang pertama adalah Game PONG, tidak hanya itu, pada tahun ini banyak sudah berkembang perusahaan-perusahaan game yang menambah banyaknya genre dimuka bumi yang contohnya seperti Gran Trak 10 (1974) dan Tank (1974) dari Atari, dan Wheels (1975), Gun Fight, dan Sea Wolf.  

C. Zaman Keemasan ( 1978 - 1982 )

    Space Invanders adalah game arcade yang muncul pada zaman ini dan pertama kali menyiapkan konsep skor dengan timer, mendapatkan nyawa tambahan jika player dapat melebihi skor minimum dan dapat menyimpan data skor tertinggi di dalam game ini.  Game Legendaris yang tidak asing di telinga kita yaitu Pacman, game ini menjadi deretan game terlatis pada saat itu.  

D. Zona Tidak aman game 1983

    Pada tahun ini merupakan tahun dimana produksi game mengalami pemerosotan yang sangat rendah, fenomena ini dikarenakan banyaknya penjualan game yang kurang berkualitas sehingga banyaknya perusahaan game di Amerika yang bangkrut.  

E. Era Bangkit 1983 - Sekarang

    Setelah Mengalami kertepurukan di Amerika Serikat, akhirnya industri game saat itu dimulai lagi di Jepang pada Tahun 1983 dengan merilis Nintendo's Family Computer.  Di era ini peran Joystick, datung dan keypad sebagai pengontrol game default digantikan dengan gamepad atau joypad.  Pada tahun 1988 Nintendo mengeluarkan majalahnya yang perdana, dan jugua di era ini merupakan muncul pertama kalinya game Meral Gear dan juga pada tahun 1989.  

    Dunia game terus berkembang dan kini merambah ke dunia 16 - bit pada tahun 1987 - 2004, disini juga pertama kalinya perangkat game yang menggunakan CD Drive yaitu Playsation yang pastinya tidak asing di telinga pada tahun 1990.  

    Dengan munculnya Sega Dreamcast pada tahun 1998 yang menjadi perangkat game perdana yang dapat menggunakan sistem online.  Ditahun 2000 muncul penerus Playstation yaitu PS2 yang juga dapat menggunakan Enthernet.  Saat itu juga pertama ramainya game diperangkat ponsel kita, hingga Nokia mulai menyalurkan minat pasar game di ponsel dengan mengeluarkan N-Cage pada tahun 2003.  

    Dizaman ini akhirnya banyak bermunculan perangkat-perangkat game yang berkualitas seperti Play Station, Xbox one dan Nintendo Switch yang hingga kini kita dapat memainkannya di rumah.  Perangkat-perangkat dizaman ini sudah mendukung untuk memainkan game-game barat sekalipun. 
    

    Perkembangan Game di Dunia berkembang begitu cepat terutama untuk di Indonesia.  Perkembangan Game yang dahulu hanya dapat dimainkan secara offline, kini dapat dimainkan secara online dengan tidak ada lagi keterbatasan waktu.  Game Online saat ini telah berkembangan sedemikian rupa seiring dengan berkembangnya waktu.  Di Indonesia sendiri, perkembangan game online dimulai pertengahan tahun 1990-an saat game Nexian beredar. 
 

    Jika di telaah adanya perkembangan Game Online tersebut didasarkan pada beberapa keunggulan yang dihadirkan dibandingkan dengan Game Offline.  Dan yang menarik dari Game online pada saat ini, selain terhibur, para pemain juga dapat menghasilkan uang.  Seperti yang kita tahu juga Game online tidak sedikit juga memberi dampak negatif untuk para penggemar game online saat ini terutama dikalangan remaja saat ini, yang sangat menyita waktu saat bermain game.  

    Perkembangan Game di Indonesia mengalami beberapa hambatan, seperti Kekurangan perhatian dan dukungan pemerintah, jika dibandingkan dengan negara lain seperti korea, pemerintahan korea memberikan dukungan berupa pendanaan dan penyaluran produk.  Selama ini kebijakan pemertintah Indonesia baru sebatas memberikan fasilitas yang kemudian diharapkan menjadi dukungan para pengembang Game untuk berkompetisi.  

     
   POTENSI BISNIS 

MENGAPA KAMU HARUS MEMULAI BISNIS ONLINE GAMING?

Ada beberapa alasan yang membahas diluar sana, seperti berikut:

 1. Industri game online di Indonesia meningkat pesat
    Dalam beberapa tahun ke belakang ini semakin marak diadakannya kompetisi game online baik itu turnamen kecil-kecilan di mall maupun turnamen besar skala nasional ataupun internasional.  

2. Industri game banyak bekerjasama dengan bidang lain
    Kamu dapat menambah relasi dengan orang berkecimpung di bidang non-game.  Yang mana peluang dengan orang yang terjun di dunia non-game.  

3. Deras Pengiklan
    Developer game-game online kian hari kian berani untuk menggelontarkan banyak uangnya untuk beriklan demi merebut pangsa pasar lain.  Selain direct adversting, game seperti Free Fire berani mengendorse Cristiano Ronaldo sehingga tampil sebagai karakter dalam game.  \


PELUANG IDE BISNIS DARI GAME ONLINE

1. Jual beli akun game
    Yang pertama adalah dengan cara menjual belikan akun game yang telah kamu buat.  Dimana akun yang akan dijual harus sudah dianggap pro dahulu oleh calon pembeli.  Jual beli akun biasa nya di grup-grup Facebook.  

2. Membuat Channel YouTube
    Salah satu peluang ini yang cukup banyak juga menghasilkan uang.  Dimana para gamers membuat video memainkan game online.  Sudah banyak YouTuber gaming yang sukses sekarang dan banyak menarik perhatian viewers.  

3. Menjadi Streamer game
    menjadi streamer di platform seperti twitch, facebook, gaming, Nimo TV, dan masih banyak lagi seolah menjadi keharusan apabila kamu memutuskan menjadi seorang gamer.  

4. Jasa joki game
    Joki game menjadi salah sau jasa di bidang game yang menguntungkan karena kamu tidak perlu modal tambahan selain smartphone dan kuota internetmu.  Saty-satunya yang dibutuhkan adalah skill.  Dari skill atau kemampuan inilah kamu dapat menguubah bakat menjadi cuan.  

5. Ikut Turnamen 
    Mengikuti turnamen game ini selain membuat kamu menjadi player yang lebih kompetitif karena akan berhadapan dengan orang lain yang belum pernah kamu temui, kamu juga bisa mendapatkan hadia berupa uang apabila berhasil memenangkannya.  


Judul Jurnal  : Pemanfaatan Virtual Reality di Bidang Pendidikan

Penulis          : Wine Widiawaty

Alamat Link
: https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/60912480/Pemanfaatan_Virtual_Reality_Dibidang_Pendidikan20191015-25596-mzlm2d-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1646450155&Signature=ApxYzaCJJkgyiBqiPREzBsTpvNh5~4Qexv8NzFcIevaQM4ZG3DFWhks-naON7iFK6sD2~Sk-~TMBCqfpKpu-7XQQYFHHYTA40q2~~OM-YHi4czpK~m7bYDldlWzWfrYRQIioJhud56duI7sM6AWbzFdrP98RlJse~QHIA0DYf3sJgGIDvj6kBjDSb7tLlibiUTAf~h6h1h7TG9D1JTQOJDUUnuSEJIK60DJtwWAvhBz-nnKv42q7AHbelcYFO5mKq1SrE1xtyzhAHTE0qq3lva1i705KkDO7ZQau3DZqXHCmRJ0~1rcdZ8kyePP4zzxrIsMBLad50Bj9dY-xEhTxlQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA


Kesimpulan  : Virtual reality adalah real time grafis interaktif dengan model tiga dimensi, dikombinasikan dengan teknologi layar yang dapat memberikan pengalaman pada pengguna seperti masuk ke dalam dunia virtual dan dapat memanipulasi secara langsung.[4] Di jurnal ini dibuatlah aplikasi yang sudah dikembangkan oleh Hussein Mustafa dan Carl mengenai astronomi menggunakan virtual reality. Dari hasil penelitian mereka didapatkan bahwa penggunaan VR lebih banyak diminati oleh anak di bidang pendidikan dan pembelajaran. Walaupun dalam beberapa kasus para pserta mengalami mual dan sakit kepala karena tidak terbiasa dengan penggunaan VR.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN WEB STATIS DAN DINAMIS BESERTA PERBEDAAN DAN CONTOHYA

PORTOFOLIO